Jumat, 02 November 2012

Adab makan dan minum menurut sunnah Rasulullah SAW

assalamuallaikum wr.wb
 
   Sekarang zaman sudah modern apapun yang kita inginkan, akan mudah di dapatkan pastinya
contoh:ketika kita inginkan kopi, maka kita langsung beli ke mini market dan langsung menyedunya sedangkan dulu, orang yang menginginkan kopi perlu mengolah nya dulu bahkan pengolahannya mungkin sampai bertahun-tahun lamanya. contoh lainnya dulu apabila seseorang ingin pergi ke suatu tempat hanya dengan berjalan kaki, sedangkan sekarang kita tidak perlu capek-capek untuk pergi ke suatu tempat yang kita inginkan bahakan kita tidak mungkin ke panasan karena kita bisa menggunakan angkot atau mobil pribadi. Betapa wajibnya kita mengucapkan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat-NYA kepada kita baik berupa kesehatan jasmani dan rohani, harta dan dimudahkan untuk selalu berada di jalan Allah SWT.       "ALHAMDULILLAH"

      Seiring berjalannay waktu, kita sekarang sudah melupakan ajaran-ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, padahal apa yang di ajarkan beliau adalah untuk kebaikan kita sendiri, tetapi kita saja lagi yang tidak mau berfikir lebih jauh untuk mengamalkan ajaran beliau. Misalkan mengapa umat muslim tidak diperbolehkan mengkonsumsi daging babi, mengapa kita harus membunuh cecak, mengapa kita tidak boleh mengkonsumsi Alkohol and mengapa kita harus MAKAN DAN MINUM sambil duduk, ini semua sudah di ajarkan oleh Nabi kita yang Mulia, tinggal kita nya saja lagi apakah kita ingin mengubah jalan hidup kita menjadi lebih baik lagi, ingat " that's your choice"

   pada kali ini saya ingin membahas ADAB MAKAN DAN MINUM  ala ISLAM g mana ya, ada pada yang tau nggak?????     (nggak tau).......    oke kita akan bahas  wokeeeeeee


Hadits Tentang ADAB MAKAN DAN MINUM

Diriwayatkan daripada Abdullah bin Umar r.a, sesungguhnya Rasulullah s.a.w bersabda: "Apabila salah seorang di antara kamu makan, hendaklah dia makan dengan menggunakan tangan kanannya dan apabila dia minum hendaklah dia minum dengan menggunakan tangan kanannya kerana sesungguhnya syaitan itu, dia makan dengan menggunakan tangan kirinya dan minum juga dengan menggunakan tangan kirinya." (Hadis riwayat Imam Muslim).

 FAKTA ILMIAH ADAB MAKAN DAN MINUM
1.Dalam penelitian yang diadakan oleh ahli akupuntur, bahwa air minum yang masuk dengan cara minum sambil duduk lebih baik di bandingkan dengan sambil berdiri. menurut penelitian tersebut, air putih yang kita minum saat duduk  akan disaring oleh sfringer. sfringer adalah suatu struktur maskuler(berotot) yang bisa membuka(sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. apabila kita sering minum sambil berdiri maka akan menyebabkan  penyakit ginjal kristal  yang merupakan penyakit yang sangat berbahaya yang terdapat pada ginjal.

2. Minum sambil berdiri tidak akan menyegarkan tubuh kita secara optimal dan air yang terserap akan cepat turun ke organ tubuh bagian bawah. Sehingga, air tersebut tidak dapat tersebar ke seluruh organ tubuh yang lain, karena tidak sempat terpompa oleh jantung. Padahal, seperti yang kita ketahui, 80% lebih dari tubuh kita terdiri dari air.

3.Apabila kita makan sambil berdiri, maka akan terjadi reflux asam lambung. Dengan kata lain, asam lambung akan naik ke saluran esofagus dan membuat sel-sel kerongkongan teriritasi.

4. Adapun logisnya mengapa Rasulullah SAW melarang kita makan dengan tangan kiri, karena tangan kiri hanya digunakan untuk aktifitas yang jorok, misal cebok atau ngupil dan banyak aktivitas yang lainnya


Betapa mulia nya Rasulullah mengajarkan kita seperti itu, tinggal kita nya saja lagi untuk merubah segalanya...    "C'MON MOVE ON"

Tidak ada komentar: